Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google

Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google

Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google - Sobat seorang blogger? pengen blognya masuk Page One di hasil pencarian Google? sepertinya sobat harus membaca dengan teliti artikel saya yang satu ini. Disini saya akan menjelaskan apa saja kriteria dari suatu blog yang paling disukai oleh mbah google, pengen tau apa saja kriterianya? yuk disimak...

Google suka blog yang punya artikel Berkualitas & Unik

Maksudnya gimana? maksudnya disini sobat diharuskan membuat konten yang benar-benar diminati atau yang benar-benar dicari oleh para reader internet, padukan juga dengan konten yang unik dan jangan takut untuk membuat konten yang berbeda dengan konten-konten yang sebelumnya sudah lebih dulu masuk page one google, sehingga posisi blog di serp google nggak mudah digeser oleh blogger lain.

Google suka dengan blog yang fokus pada satu topik saja (niche blog)

Dengan membahas atau fokus ke satu topik pada artikel blog dapat membuat google lebih mudah mengidentifikasi apa yang sobat tulis di blog dan dapat menentukan blog sobat masuk kedalam jenis yang mana (niche blog), karena memang ada beberapa jenis dari sebuah blog.

coba cari di google dengan keyword apa itu niche blog / jenis niche blog

Google suka blog yang punya banyak Backlink

Backlink juga dapat menentukan posisi blog di serp google karena memang google suka sekali dengan blog yang memiliki banyak backlink tetapi bukan sembarang backlink loh, backlink yang dimaksud adalah backlink yang berkualitas, untuk penjelasan tentang apa itu backlink berkualitas, akan saya bahas dilain artikel.

Google suka dengan blog yang punya banyak artikel

Blog yang punya banyak artikel akan dianggap sebagai blog berkualitas karena google yakin blog tersebut dapat membuat para reader mendapat banyak informasi dari blog tersebut, apalagi isi artikelnya berkualitas & unik semua, saya yakin sebagian besar artikelnya ada di page one google dan susah untuk digeser kalau ada artikel saingan baru yang masuk ke page one google.

Google suka blog yang punya Top Level Domain (TLD)

Di poin ini saya punya prinsip "Yang berbayar pasti dapat yang enak", ya memang dimana-mana yang berbayar dapat yang enak-enak jadi nggak jarang juga blog-blog yang punya top level domain sering nongol di page one google dan asal sobat tau aja, kalau blog yang mempunyai top level domain punya kesempatan yang lebih besar untuk masuk ke page one google. Tapi tetap saja artikel dari blog lah yang menentukan posisi blog sobat di google.

Google suka dengan blog yang punya konten Original

Yang dimaksud konten original adalah konten yang dibuat dari hasil ketikan sendiri dan dipadukan dengan sedikit perasaan cinta dari si penulis, jreng-jreng.... jadilah konten original.
Jangan pernah takut bikin konten hasil ketikan sendiri, walaupun cuma sedikit / singkat dan isinya juga nggak terlalu penting, tapi google lebih suka dengan blog seperti itu daripada blog yang punya artikel panjang lebar tapi hasil Jari & Keyboard Dewa ( ctrl + c <> ctrl + v )

Google suka dengan blog yang fast loading

Sebenarnya poin ini nggak terlalu penting karena sebenarnya yang paling penitng adalah artikel yang ada di blog, tapi memang loading blog juga dapat berpengaruh & ada master-master blogger yang juga beranggapan sama dengan saya. Jadi saran saya, sobat desain blog sobat biar lebih cepet loadingnya, jangan banyak pasang widget, terutama widget-widget yang gak penting dan bikin sakit mata.

Google suka dengan blog yang punya design Mobile Friendly / Responsive design

Di tahun 2015 ini secara resmi google telah memperkenalkan algoritma barunya yaitu Mobile Geddon, yang sudah banyak makan korban khususnya para blogger yang tidak punya design mobile friendly atau responsive design. Tujuan algoritma mobile geddon adalah untuk mengutamakan blog-blog yang punya fitur mobile friendly atau responsive design karena memang seiring dengan perkembangan jaman, gadget mulai berkembang dengan pesat dan sebagian besar pengakses internet dunia berasal dari user atau pengguna perangkat mobile khususnya smartphone.

Untuk cek, apakah blog sobat sudah punya responsive design atau fitur mobile friendly, silahkan di tes : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Oke sob, saya rasa sudah cukup pembahasan kita tentang kriteria blog yang paling disukai google, selamat mencoba mengutak-atik blog biar nantinya blog sobat bisa lebih disukai oleh google :p


Contact Us

Name

Email *

Message *